Selasa, 21 Februari 2012

Megawati: Tak Ada Alasan KPK Tak Tuntaskan Century




Megawati: Tak Ada Alasan KPK Tak Tuntaskan CenturySelasa, 14 Februari 2012 | 23:23
Megawati Soekarnoputri. [google] Megawati Soekarnoputri. [google]
[JAKARTA] Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri menilai, tidak ada alasan bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tidak menuntaskan kasus Bank Century, yang telah merugikan uang negara hingga triliunan rupiah.

Kepada pers seusai memberi pengarahan kepada Fraksi PDI-P DPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/2), Megawati menuturkan bahwa DPR RI melalui rapat paripurna telah memutuskan sikap terkait kasus Century serta merekomendasikan KPK menuntaskannya.

"Jadi berdasarkan keputusan paripurna DPR sendiri, ya, kasus itu harus dituntaskan," ujar Megawati yang juga mantan Presiden RI itu. Menurut Megawati, KPK sebagai institusi penegak hukum tentunya harus menjalankan amanat itu dengan mengusut secara tuntas kasus Century.  

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa sebagaimana produk hukum lainnya, keputusan yang telah diambil DPR RI melalui rapat paripurna juga mempunyai berbagai implikasi, apabila KPK ternyata tidak menjalankan tugasnya mengusut tuntas kasus Century.

"Sudah ada penyelidikan DPR bahwa hasilnya ada kerugian negara di sana. Itu sudah diputuskan dan KPK tinggal menjalankan penegakan hukum saja," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Megawati yang didampingi Ketua Fraksi PDIP DPR RI Puan Maharani dan Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo juga ditanya seputar capres 2014 dan bagaimana komentarnya tentang tokoh-tokoh muda yang diharapkan tampil.

Menurut Megawati, siapapun tokoh muda yang akan maju dalam kompetisi Pilpres 2014 harus benar-benar siap menjadi pemimpin bangsa, dan tidak sekadar pernyataan di mulut saja. "Lihat dulu generasi muda itu, apakah sudah benar-benar siap," ujarnya.

Selain itu, Megawati menambahkan, hal yang juga penting dicermati adalah apakah sudah bisa dijamin bahwa pilpres itu benar-benar dilaksanakan secara jujur dan adil. Demikian pula harus dipikirkan bagaimana sistem pemilu yang diselenggarakan tersebut bisa meminimalisasi politik uang di masyarakat pemilih. [Ant/L-8]  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar